WORLD CANCER DAY 2021 ; I AM AND I WILL

Teman-teman, apakah kalian pasti sudah tahu jika setiap tanggal 4 Februari masyarakat dunia memperingati World Cancer Day. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan dunia tentang penyakit kanker dan dampak serta pentingnya upaya pengendalian kanker. Peringatan World Cancer Day ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat bahwa kanker dapat dikendalikan bersama dan mulai dari diri kita sendiri. World Cancer Day sendiri dibentuk oleh  Union for International Cancer Control (UICC) untuk mendukung World Cancer Declaration di tahun 2008. I am and I will”, menjadi tema WCD 2019-2021. Tema ini bermaksud untuk mendorong setiap individu dengan latar belakang sosial apa pun, pendidikan ataupun profesi apa pun, untuk berkomitmen dalam mendukung usaha pencegahan dan penanggulangan kanker. I AM AND I WILL, merupakan puncak dari campaign 3 tahunan yang dibuat oleh Union for International Cancer Control (UICC)

 

 

Nah, tahukah kamu kalau Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara. Berdasarkan penelitian yang dirilis WHO pada tahun 2014, lebih dari 92 ribu kasus kematian pada wanita di Indonesia disebabkan oleh penyakit kanker. Penelitian mengungkapkan bahwa angka harapan hidup pada penderita kanker serviks tergantung stadium yang dialami. Meskipun demikian, angka harapan hidup hanya hitungan persentase penderita yang masih hidup, lima tahun setelah didiagnosis menderita kanker serviks.

 

 

Kanker Serviks

 

Seperti apa sih Kanker Serviks itu?
Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Umumnya, kanker serviks tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar. Dalam banyak kasus, kanker serviks terkait dengan infeksi menular seksual.

Apa sih penyebabnya?
Hampir seluruh kasus kanker serviks disebabkan oleh infeksi virus HPV. Virus ini dapat menginfeksi sel-sel di permukaan kulit dan alat kelamin, anus, serta mulut dan tenggorokan. Seorang wanita dapat terinfeksi HPV dari perilaku seks berisiko.

Lalu, apa saja sih ciri-cirinya?
Pada awal diderita, kanker serviks kerap tidak menimbulkan gejala sehingga sering kali baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut. Meski begitu, beberapa indikasi bisa menjadi ciri-ciri dari Kanker Serviks, yaitu :

1. Pendarahan di Area Miss V yang tidak normal
2. Frekuensi buang air kecil menjadi meningkat
3. Keputihan yang tidak wajar
4. Hematuria atau keluar bercak darah pada Urine

Bagaimana cara mencegah Kanker Serviks?
Meskipun termasuk jenis yang mematikan bagi kaum perempuan, justru kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang bisa dicegah. Dengan langkah yang tepat, kanker serviks bisa dicegah.Berikut langkah-langkah nya :

1. Rajin melakukan test Pap-smear.
2. Lakukan test DNA HPV.
3. Lakukan vaksninasi HPV.
4. Hindari merokok.
5. Selalu lakukan seks yang aman. 

 

Untuk turut serta dalam mendukung World Cancer Day, maka kami juga mengajak kalian untuk ikut berpartisipasi untuk beberapa yayasan Kanker yang ada di Indonesia. Di event World Cancer Day 2021 ini No Bad Day mengajak kalian semua untuk berdonasi dengan cara membeli STICKER KHUSUS untuk memperingati World Cancer Day 2021 ini. Setiap pembelian sticker ini akan kami sumbangkan pada Yayasan Kanker yang ada di Indonesia. Sticker tersebut merupakan bentuk support kita terhadap para penyandang Kanker Serviks, dengan warna Teal sesuai dengan warna khas untuk Kanker Serviks.

Sticker

I am and I will sticker

Bagaimana? Sudah cukup jelas kan? Buat kalian yang ingin melakukan Test Pap-smear atau vaksinasi HPV bisa klik link berikut ya.

Happy Weekend Peeps!